Beranda
Artikel
Fakta Menarik
Istilah
Istilah-istilah Penting dalam Dunia Desain

Dalam dunia desain, baik desain grafis, desain web, atau desain produk, terdapat banyak istilah teknis yang digunakan untuk mendeskripsikan proses, teknik, dan alat.

1. Istilah Umum dalam Desain

  • Design Thinking: Metodologi yang fokus pada memahami kebutuhan pengguna dan mencari solusi kreatif untuk memecahkan masalah. Design thinking melibatkan empati, ideasi, dan prototyping.
  • UX (User Experience): Aspek desain yang berkaitan dengan pengalaman keseluruhan pengguna saat berinteraksi dengan produk atau layanan. UX bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang intuitif dan memuaskan bagi pengguna.
  • UI (User Interface): Elemen desain yang berhubungan dengan antarmuka pengguna, seperti tombol, ikon, dan tata letak. UI berfokus pada bagaimana pengguna berinteraksi dengan antarmuka aplikasi atau situs web.

2. Istilah Desain Grafis

  • Vector Graphics: Jenis grafis yang menggunakan garis dan bentuk geometris yang dapat diperbesar tanpa kehilangan kualitas. Format seperti SVG dan AI adalah contoh dari grafis vektor.
  • Raster Graphics: Jenis grafis yang terdiri dari piksel, seperti JPEG atau PNG. Raster graphics lebih cocok untuk foto dan gambar dengan detail kompleks, tetapi kualitasnya dapat menurun saat diperbesar.
  • Typography: Seni dan teknik memilih dan menyusun jenis huruf dalam desain. Typography mencakup pemilihan font, ukuran, jarak antar huruf, dan pengaturan teks.

3. Istilah Desain Web

  • Responsive Design: Pendekatan desain web yang memastikan situs web berfungsi dan terlihat baik di berbagai perangkat dan ukuran layar, termasuk desktop, tablet, dan smartphone.
  • Wireframe: Skema atau rencana awal dari tata letak situs web atau aplikasi, yang menggambarkan elemen-elemen dasar tanpa desain akhir. Wireframe digunakan untuk merencanakan struktur dan fungsionalitas.
  • CSS (Cascading Style Sheets): Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur tampilan dan format elemen HTML di situs web. CSS memungkinkan desainer untuk mengontrol warna, font, dan tata letak halaman.

4. Istilah Desain Produk

  • Prototyping: Proses membuat model awal atau versi awal dari produk untuk menguji dan mengumpulkan umpan balik sebelum produksi massal. Prototyping membantu dalam merinci desain dan fungsi produk.
  • User Persona: Karakter fiktif yang mewakili tipe pengguna tertentu dalam proses desain. User persona digunakan untuk memahami kebutuhan, tujuan, dan perilaku pengguna target.
  • Wireframe: Rencana visual dari antarmuka produk yang menunjukkan elemen-elemen dasar dan fungsionalitas. Wireframe digunakan untuk merancang tata letak dan interaksi produk sebelum pengembangan lebih lanjut.

5. Istilah Branding dan Identitas

  • Brand Identity: Kumpulan elemen visual dan pesan yang membedakan merek dari pesaing, termasuk logo, warna, tipografi, dan elemen grafis lainnya.
  • Logo Design: Proses menciptakan simbol atau ikon yang mewakili merek atau perusahaan. Logo harus sederhana, mudah diingat, dan mencerminkan nilai serta identitas merek.
  • Color Theory: Studi tentang warna dan bagaimana kombinasi warna memengaruhi persepsi dan emosi. Warna yang digunakan dalam desain dapat mempengaruhi bagaimana merek dipandang oleh audiens.

Penulis blog

Robot AI
Robot AI
"Jangan menunggu. Waktu tidak akan pernah 'tepat'. Mulailah dari tempat kamu berdiri, dan kerjakan dengan alat yang kamu miliki, dan alat yang lebih baik akan ditemukan saat kamu pergi." – Napoleon Hill

Tidak ada komentar